Wednesday, May 21, 2014

Liburan Terbasi



Inilah liburan semester paling basi yang pernah gue jabanin. Tahun – tahun sebelumnya, gue selalu dapat jatah buat plesir ke tempat-tempat yang ngehits. Ke hongkong, Dubai, atau Singapura. Tapi, tahun ini, apes banget gue. Papa-mama gue milih umroh. Pengen lebih religius, kata mereka siih…sebenarnya gue diajak, tapi engghhh, ntar aja deh. gue takut…!!
Gue merasa masih banyak dosa gitu. Masih suka nonton video enggak sopan di youtube(hahahaha, I think everybody does!) masih suka ngecengin perjaka kece, plus, gosssiiippp everyday. Banyak tuh selentingan “ajaib” yang gue denger soal Umroh. “ Eh, kalo lo ngerasa masih banyak dosa, jangan pergi ke Arab deh. Ntar lo bakal kena karma. Kualat!” Hiiiy…..males banget kan?

***

“ Serius? Kamu nggak mau ikut mama-papa Umroh”?
Gue menggeleng kencang. “nggak mam. Ntar aja deh. Kalo mama daftar umroh yang ada artisnya. Baru aku mau ikutan. Mama ikut paket umroh bareng Rezky Aditya dong. Aku langsung mau umroh, mam!”
“Iiii, dasaaaar kamu tu yaaa…. Umroh itu ibadah, bukan buat ngecengin artis! Ya sudah, kalau kamu nggak mau ikut umroh, mama titipin kamu ke rumah Om Nizar ya.”
Glek…!!. Tenggorokan gue langsung tercekat. Om Nizar itu adik bungsunya mama. Doi tinggal di pacitan, bareng istri dan empat anaknya. Om gue nih ajaib banget, emang. Demen punya anak segambreng! Padahal, gue aja satu-satunya anak mama-papa.
Yup, gue anak tunggal. No wonder, mama-papa manjain gue abis-abisan.  Beda sama om Nizar. Secara ya bo, punya 4 anak, om Nizar kudu sibuk”nencengin ikat pinggang” gitu deh. Empat  anaknya nyaris kagak pernah diajak having fun. Setahu gue nih, semua anaknya diajari buat hidup sederhana, simple, hemat, tidak berlebihan.
Daaaan, apa mama bilang barusan??
Gue mau “dititipin” ke om Nizar?!!
Gue mau ditaro di tempat om gue yang sangat tidak cinta dunia ituuh?
Oooo….tidaaaaakkk!!

***
“Ogah, ma. Aku nggak mau!”
“Loh, emang kamu mau di rumah sendirian selama libur semester?”
“Plos maa…kirim aku ke Rajaampat….atau senggigi…atau pantai pink….kemana aja deh, asal jangan siksa aku ke rumah om Nizar..”
“Aduh, jangan lebay deh. Mama nggak akan biarin anak perawan mama yang cantik ini traveling sendirian. BAHAYA! Ntar kalo kamu diculik, atau diperkosa, gimana?”
“Iiih. Mama kali yang lebay.”
“Eh, kamu nggak update berita-berita sih. Udah banyak tu kasuunya. Pokonya mama nggak mau something bad terjadi sama diri kamu. Sekarang, kamu segera packing baju dan segala pernak-pernik pelengkapan kamu. Jam 7 malam ini, om Nizar langsung jemput kamu untuk berangkat ke pacitan!”
WHAT?!?!

***
Maka gue uda gak bisa dibedain dengan muka biawak. Manyun mulu deh. Gue harus terperangkap menjalani liburan yang super-duper-ngeselin di rumah om Nizar. Hmpfft, kenapa nasib gue seapes  ini yak?kebayang betapa enegnya saban hari dapat sarapan ‘tausiyah’ gitu dari doi. Belum berangkat aja nih, om Nizar udah nyap-nyap kasih ceramah singkat buat gue.
“Pamit dulu sama mama. Mintak do,a, supaya perjalanan kamu selama liburan nanti selalu dapat keberkahan. Insya Allah, kalau kamu niatkan perjalanan ke pacitan ini ikhlas karena Allah, aka nada pahala dan kebaikan kamu raih.”
Doh. Berasa ada Aa’Gym KW super deh!

***
Daan, prediksi gue betul banget, sodara-sodara!! Begitu gue menjajakkan kaki di bumi Pacitan, aura dusun bin ndeso yang nggak menarik blas, langsung terpampang nyata di depan mata. Rumah om gue sederhana bangat (ini istilah yang lebih halus ketimbang ‘katrok’). Kotak, nggak nyeni, nggak ada sentuhan artistik blas. Di depan rumah, ada beberapa pohon dan bunga-bunggan yang lumayan terawat. Tapi, gue kan nggak interest ama dunia botanical, jadi ya sutralaaahh….
Gue samperin tante-eh, Bulek Anna, istri om Nizar. Ciih, ini ciih banget deh, perempuan yang sangat sederhana ini ogah dipanggil ‘tante’ bok! Doi maunya dipangil ‘Bulek’. “Supaya lebih membumi dan njawani ngoten…” begitu ia berkilah.
Yeah, jawa si jawa, tapi lidah gue kan lidah orang kota ya bok. Jadi, ya rada keselio gitu kalo kudu bilang, “Inggih, Bulek…”

***
Mereka berdua punya 4 anak yang amsih duduk di bangku SD. Buat gue, ketemu 4 bocah ini laksana kopi darat dengan mahluk terabsurd di jagat bumi! Bayangiin, setiap hari kegiatan mereka berkutat dengan agenda: belajar, pergi sekolah, mengaji, bantu beres-beres rumah, cuci baju, bermain secukupnya, dan nggak NONTON TV atau MAIN HANDPHONE sama sekaliii! Booo….apa kabar ya, kalo gue dipaksa buat ikut pola hidup mereka yang engak banget ituuh?
“TV dan handphone itu kan kebutuhan tersiar. Kalaupun nggak nonton TV atau nggak nge-games, insya Allah kehidupan kita juga tetap berjalan. Yang penting, anak-anaktetap punya kesempatan bermain, bergaul dengan teman-temannya, beraktivitas yang sesuai umur mereka. Justru, dengan bebas alat elektronik, anak-anak malah bisa memperbanyak tilawah dan tadabbur Qur’an mereka, “gitu penjelasan tante, eh Bulek Anna.

***
“hatsyiiii! Alhamdulillah..”
“Yahamukallah…”
“Yahdikumullah……..”
Glek. Ketika Amira bersin, spontan ia berucap hamdalah. Lalu kakanya langsung menyabut dengan do,a. Eh, Amira balas doa lagi. Subhanallah. Kok gue ngerasa takjub dan terharu banget ya, ngeligat betapa entengnya mereka mendoakan sesame saudara?
“Adap bersin ini termasuk salah satu ajaran Rasulullah yang paling sederhana. Mungkin sebagian orang lupa, atau belum tahu bagaimana cara mensyukuri nikmat bersin. Tetapi, kami selalu berupaya agar seluruh keluarga mempraktekkan ajaran Nabi kita setiap hari.
Ya,ya,ya. Murah bersyukur, murah berbalas doa. Indah sekali………Gue ngerasa mulai ada “chemistry” di antara kami.

***
Rasanya senang banget lihat tradisi keluarga yang selalu ringan dalam mendoakan satu salam lain ini. Damai…sejuk….tenang…
Sudah 4 hari gue di rumah om Nizar, dan sunnah it uterus mereka jalankan secara spontan! Jika hal yang (seolah-olah) ringan ini bisa dibiasakan, insya Allah hal lain yang lebih ‘berat’ akan muda dipraktekkan.
Selepas sholat isa’ berjamaah di masjid, kami mengikuti tausiyah singkat yang diwakan Om Nizar. Doi membahas pentingnya menghidupkan sunnah rosullah, di mulai dari lingkup paling kecil dan terdekat. “Ada unkapan arab, ‘ibda’ binafsika. “yang artinya ‘mulailah ( melakukan kebaikan) dari diri kamu sendiri’ ketika kita bisa istiqomah beramal sholeh, insyaAllah anak istri akan emngikuti jejak kita. Atau ungkapan Arab lainya, ‘Aslih nafska, yushlih lakannasu. ‘ Perbaiaki dirimu niscaya orang akan ikut memperbaiki diri (dengan mengikuti caramu).”
Masih ada seberkas malu yang teronggok di hati gue. Maluu banget. Karena awalnya, gue uda bernegative thinking, dengan menggangap kalau gue bakal menjalani hari-hari paling ngebosenin di rumah om Nizar. Tapi, setelah gue tinggal di sini selama liburan semester, jiwa gue mulai terbuka. Bahagia rasanya, bila lebih menyalami nilai-nilai Islami, bergaul dalam pola hidup seperti yang sudah diajarkan Rasulullah.
Ternyata, hari-hari kita jauh lebih indah bila selama berpijak pada tuntunan islam…
Siapa mengira, bahwa anak SD saja bisa sedemikian semangat dalam meng-islamkan seluruh sendi-sendi kehidupannya.
Siapa mengira, bahea gue – tersungkur dalam taubat yang begitu dalam, setelah menjalani momen liburan singkat.
InsyaAllah, gue bakal selalu menjadikan semua pengalaman yang gue terima sebagai bakal hidup gue selanjutnya. isyaAllah, gue bakal selalu berdzikir – mengingat Allah….dengan berdzikir saja, Allah menjamin akan memberikan lebih dari yang dimintak. “siapa orang yang lebih sibuk mengingat-ku (berdzikir) daripada meminta sesuatu kepada-ku, ia akan aku berikan sesuatu melebihi yang orang-orang mohon,” (Hadits Qudsi).


   

No comments:

Post a Comment