Monday, May 12, 2014

Upaya yang dilakukan untuk mengintegrasikan

Sekolah adalah institusi yang memiliki wewenang untuk membuat peserta didik belajar mengembangkan perilaku yang sehat, di mana salah satunya adalah disiplin. Proses pendidikan dan pembelajaran yang dapat dilakukan disekolah untuk mengembangkan peserta didik yakni:
  • Mengembangkan pemahaman dan perasaan positif siswa tentang aturan dan manfaat mematuhi aturan dalam kehidupan. 
  •   Mengembangkan kemampuan siawa menyesuaikan diri secara sehat.\
  • Mengembangkan kemampuan siswa untuk mengembangkan control internal terhadap perilaku sebagai dasar perilaku disiplin dan kreatif 
  •  Menjadi modeling dan mengembangkan keteladanan.\
  • Mengembangkan system dan mekanisme pengkuhan positif maipun negative untuk penegakan disiplin di sekolah. 
  • Menciptakan lingkungan kelas belajar yang produktif.
Dan menagapa kelas harus sikelola secara efektif? Manajemen kelas yang efektif dapat memaksimalkan kesempatan belajar anak-anak. Perubahan dalam pemikiran tentang cara terbaik dalam mengelola kelas. Pandangan sebelumnya lebih menekankan perbutan penerapan peraturan dalam mengendalikan perilaku siswa. Pandangan baru lebih memfokuskan diri pada kebutuhan siswa dalam memelihara hubngan dan kesempatan untuk meregulasi diri.
Manajemen kelas yang mengirientasikan siswa kearah kepasifan dan kepatuhan dengan peraturan yang keta dapat merusak keterlibatan mereka dalam pembelajaran yang aktif, tingkat pemikiran yang levih tinggi, dan kontruksi social pengetahuan.
Ada beberapa hal yang dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk menguatkan upaya dan intergrasi dalam pembelajara:
  • Isu manajemen pada kelas-kelas disekolah dasar dan menengah
  • Kelas yang dapat, kompleks, dan berpotensi kacau balau.
  • Memulai awal yang baik.
  • Tujuan dan strategi manajemen.
Jika kelas dikelola dengan baik, maka hal itu tidak hanya akan membantu perkembangan pembelajaran, tetapi juga membantuh mencegah berkembangnya maalah akademis dan emosional. Kelas yang dikelola dengan baik akan membuat siswa tetap sibuk dengab tugas yang aktif dan menantang, melakukan aktifitas yang membuat siswa menjadi terpikat dan termotivasi untuk belajar, serta menetapkan peraturan yang jelas, yang harus diterima oleh siswa. Dengan demikian, siswa tidak akan mengembangakn maalah akademis dan emosional.
Siawa membutuhkan lingkungan positif untuk pembelajaran. Terdapat strategi umum manajemen kelas untuk menyediakan lingkungan ini, cara-cara untuk menetapkan dan menegakkan peraaturan secara efektif, serta strategi yang posistif untuk membuat siswa bekerja sama.
Adapun strategi itu:
  • Strategi umum : meliputi penggunaan gaya demokratis dan manejemen aktivitas kelas secara efektif.
  • Menciptakan mengajar serta menegakkan peraturan dan prosedur. 
  •   Menciptakan lingkunga yang kondusif untuk belajar.
  • Membangun dan mempertahankan hubngan guru dan siswa.
  • Menciptakan iklim psikolgis yang efektif.
  • Menetapakan batasan.
  • Merencanakan aktivitas yang membuat siswa memfokuskan diri pada tugas.
  •  Memonitor apa yang dilakukan siswa.
  •  Memodifikasi strategi pengajaran.
  • Mempertimbangkan perbedaan individual dan perkembangan.
Jadi uapaya-uapaya dalam melakukan mengatur atau mengintegrasikan memberdaya berbagai variable pembelajaran, merupakan bagian penting dalam keberhasilan siswa mencapai tujuan yang direncanakan. Karena itu pemiihan metode, srtategi dan pendekatan dalam mendesain model pembelajaran yang berguna dalam mencapai iklim PAKEM.

No comments:

Post a Comment