Tuesday, May 27, 2014

Unsur Penunjang Web


                    i.     Bahasa Program
Bahasa Pemrograman- Perangkat lunak bahasa pemrograman (language software) merupakan program yang digunakan untuk menerjemahkan perintah-perintah yang ditulis dalam bahasa program ke dalam bahasa mesin (machine languange), sehingga dapat diterima dan dimengerti oleh komputer. Apabila languange software tidak tersedia, maka pembuat program harus menulis programnya langsung dengan bahasa mesin yang berbentuk bilangan-bilangan binary. Suatu instruksi program yang ditulis dalam bahasa mesin dapat berbentuk seperti 000100110010. Tanpa mengetahui arti tertentu dari masing-masing bagian dari bilangan binary tersebut secara persis, maka akan sangat sulit untuk mengerti dengan benar maksud dari instruksi tersebut.
PHP adalah singkatan dari “PHP: Hypertext Prepocessor”,  yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs Web dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML PHP diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pertama kali tahun 1994. Pada awalnya PHP adalah singkatan dari “Personal Home Page Tools”. Selanjutnya diganti menjadi FI (“Forms Interpreter). Sejak versi 3.0, nama bahasa ini diubah menjadi “PHP: Hypertext Prepocessor” dengan singkatan “PHP”. PHP versi terbaru adalah versi ke-5. Berdasarkan survey Netcraft pada bulan desember 1999, lebih dari sejuta site menggunakan PHP, diantaranya NASA, Mitsubishi, dan RetHat.
               ii.            Desain Web
Pengertian Desain Web adalah jenis desain grafis yang ditujukan untuk pengembangan dan styling obyek lingkungan informasi Internet untuk menyediakan dengan fitur konsumenhigh-end dan kualitas estetika. Tujuan desain web adalah untuk membuat situs web atau dokumen elektronik dan aplikasi yang berada pada web server dan menampilkan konten dan fitur antarmuka interaktif kepada pengguna akhir dalam bentuk halaman web.
             iii.            Appserver
Appserv adalah software yang digunakan untuk database secara grafis/ gambar,software ini memudahkan para desain web dalam membuat database daripada cmd.exe yang penulisannya manual dan berbasis text. Dan ada banyak lagi software yang seperti ini, misalnya : XAMPP, Joomla, wordpress, dll.

No comments:

Post a Comment