Thursday, April 17, 2014

Hakekat Matematika




Belajar  matematika adalah sebuah pembelajaran yang wajib dan harus di lakukan oleh setiap manusia yang hidup di dunia ini. Karena tidak ada sesuatu  hal pun di dunia ini yang terlepas dari angka, perhitungan dan matematika. Oleh Karena itu pembelajaran matematika sangat dibutuhkan, dan hal itu harus dilakukan sejak dini.
Rusenffendi (dalam Erman, dkk 2011:28) juga mengatakan:
Matematika timbul karena pikiran-pikiran manusia yang berhubungan  dengan ide, proses dan  penalaran. Selain itu matematika juga disebut sebagai ratunya ilmu, artinya matematika tidak bergantung pada bidang studi lain. Untuk memahaminya harus menggunakan simbol dan istilah yang cermat dan disepakati  secara bersama. Matematika juga di sebut sebagai ilmu  deduktif yang tidak menerima generalisasi yang berdasarkan pada observasi, tetapi generalisasi yang didasarkan pada pembuktian secara deduktif dimulai dengan  memulai beberapa unsur yang tidak di definisikan ke unsur  yang didefinisikan kemudian ke aksioma atau postulat dan akhirnya ke dalil.
Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa pada hakekatnya matematika adalah berkenaan dengan konsep-konsep yang abtrak, ide-ide dan struktur-struktur.

No comments:

Post a Comment