Sunday, April 13, 2014

PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK

1.1. MODUL I
Pengertian VB.Net
adalah sebuah alat untuk mengembangkan dan membangun aplikasi yang bergerak di atas sistem .NET Framework, dengan menggunakan bahasa BASIC. Dengan menggunakan alat ini, para programmer dapat membangun aplikasi Windows Forms, Aplikasi web berbasis ASP.NET, dan juga aplikasi command-line. Alat ini dapat diperoleh secara terpisah dari beberapa produk lainnya (seperti Microsoft Visual C++, Visual C#, atau Visual J#), atau juga dapat diperoleh secara terpadu dalam Microsoft Visual Studio .NET. Bahasa Visual Basic .NET sendiri menganut paradigma bahasa pemrograman berorientasi objek yang dapat dilihat sebagai evolusi dari Microsoft Visual Basic versi sebelumnya yang diimplementasikan di atas .NET Framework. Peluncurannya mengundang kontroversi, mengingat banyak sekali perubahan yang dilakukan oleh Microsoft, dan versi baru ini tidak kompatibel dengan versi terdahulu.
Macam Macam Type project Dalam Vb




VARIABEL
      Variabel digunakan untuk menyimpan nilai sementara dalam memori selama perhitungan, inisialisasi nilai dan sebagainya.
      Kita dapat memberikan nama pada lokasi memori dengan mendeklarasikan variabel dan menentukan tipe data.
Aturan dalam peberian nama pada saat mendeklarasikan variabel sebaiknya memperhatikan hal-hal seperti berikut:

      Mendeklarasikan variabel adalah membuat variabel dengan tipe datanya, jangkauan nilainya, masa hidup variabe ldan nilai ini sialisasi.
      Dalam mendeklarasikan variabel di VB.Net menggunakan kata kunci Dim (Dim merupakan singkatan dari Dimension).
      Contoh mendeklarasikanvariabe ladalah:
     Dim Nama As String
     Dim Gaji As Integer = 5000000
     Dim Tunjangan As Integer
      Dalam mendeklarasikan variabel dengan tipe data yang samadapat dibuat dalam satu baris.
      Contoh :
     Dim I,J As Integer

1.2 MODUL II
CLASS DAN OBJEK
PENGERTIAN OBJECT 
                Setiap objek memiliki dua karakteristik yaitu Attribute (State) dan Behavior. Attribute (State) merupakan identitas atau informasi objek itu sendiri atau disebut juga sebagai variable, sedangkan Behavior adalah tingkah laku atau apa yang dapat dilakukan oleh objek itu atau disebut juga sebagai method.Sebagai contoh Attribute (State) dari pesawat adalah nama pesawat, tipe, warna, tahun produksi, roda, dll. Sedangkan Behavior dari pesawat adalah cara menghidupkan mesin, cara menerbangkan pesawat (take off), cara menurunkan pesawat (landing), dll.

PENGERTIAN CLASS
Kelas merupakan cetakan atau blueprint atau prototype, hasil dari cetakan itu disebut objek. Contoh pesawat Boeing 737 dibuat dengan rancangan yang sama, rancangan pesawat ini disebut kelas. Hasil rancangan itu menjadi pesawat Boeing 737 yang disebut objek. Pesawat-pesawat hasil rancangan tadi bisa memiliki warna, nama yang berbeda-beda tergantung perusahaan penerbangannya. Disini jelas bahwa objek memiliki sifat independen. Objek adalah instance dari kelas, satu kelas bisa memiliki beberapa objek.

Tipe Akses
Tipe akses di gunakan untuk menentukan bagaimana sebuah class, variabel, Maupun method yang dapat di akses.

            Macam – Macam Tipenya    :
  1. Public
Merupakan tipe akses yang bisa di akses tanpa ada batasan apapun.
  1. Protected
Hanya bisa di akses dari tipe yang bisa di akses dari tipe yang bersangkutan.
  1. Private
     Tipe akses paling secure dan tidak dapat di akses di luar tipe tersebut.

FIELD,PROPERTY,METHOD DAN EVENT
1.      Field dan Property bisa di sebut juga atribut yang tidak melakukan operasi apapun akan tetapi kepadanya dapat di lakukan operasi sehingga dapat merubah nilai dari attribut tersebut.
2.      Method bisa disebut sebagai behavior merupakan bagian yang di miliki class yang dapat melakukan operasi, bertindak, atau mengerjakan sesuatu.

1.3.  MODUL III
Constructor
            Merupakan prosedur yang mengontrol nilai pemberian objek baru dan akan di pangil terlebih dahulu sebelum kode kode lainya di panggil. Inisialisasi construktor adalah dengan menambahkan prosedur public dengan nama Sub New().

DESTRUCTOR
Dalam satu class yang di gunakan untuk membersihkan lokasi membersihkan lokasi
Memory sebelum objek di musnahkan.

INHERITANCE(Turunan)
            Salah satu tujuan OOP adalah pengunaan kembali class yang sudah ada dengan menurunkan suatu class baru dari class yang sudah ada. Class yang baru tersebut dapat di modifikasi sesuai dengan kebutuhan.
      Class yang lama atau sudah ada disebut sebagai Base Class (class induk) Sedangkan class yang baru disebut sebagai deriverd Class/Subclass.

1.4.  MODUL IV
Keyword pada Inheritence
Inherits
            Kata kunci yang ditempatkan pada subClass dengan tujuan untuk membuat turunan atau pewarisan dari Class utama.

MyBase
            Di gunakan pada SubClass untuk memangil data member,property,constuktor,method di Class induk yang bersifat private.

Notinheritable
            Kata kunci yang di tempatkan pada class induk tersebut tidak dapat di wariskan.
Mustinherits
             Kata kunci yang di tempatkan pada class induk tersebut harus di wariskan.

Multi level Inheritance
Merupakan bentuk pewarisan yang bertingkat dari base class ke SubClass1 dan dari SubClass1 di wariskan lagi ke SubClass2.

1.5. MODUL V
Polimorhphism
Polimorphism
            Suatu  kondisi di mana dua objek atau lebih mempunyai antarmuka yang identik namun mempuyai perilaku berbeda. Dengan kata lain polymorphism adalah pemaikain suatu method dengan nama yang sama pada class yang berbeda dan mempuyai fungsi yang berbeda. Polimorphism di implementasikan dengan dua method yaitu overloading dan overiding.

Overloading
Suatu konsep yang terdapat sejumlah  method  yang namanya sama tetapi memilki fungsi yang berbeda dalam satu class yang sama.


1.6. MODUL VI
Polimorphism (Lanjutan)
Overriding
Suatu konsep yang terdapat sejumlah  method  yang mempunyai nama yang sama tetapi memilki fungsi  yang berbeda dalam satu susunan hiraki inheritance.

Overridable
Digunakan pada method atau  properties pada class induk yang menandahkan bahwa metod atau properti tersebut dapat di override pada class turunan.

Overrides
Keyword Overrides di gunakan pada class turunan yang menandakan bahwa metod atau property yang ada di class induk.

NotOverridable
Di gunakan pada method atau property pada class induk yang menandahkan bahwa method  atau  property tersebut tidak dapat di override oleh class turunan. 

1.7. MODUL VII
Shadowing
Kemampuan untuk menyembunyikan atau  menjadi bayangan  dari salah  satu  elemen pemrograman yang  memiliki nama sama. Ada dua macam shadowning yaitu :

Shadowning melalui ruang lingkup
Terdapat kemungkinan dua elemen yang terdapat dalam Modul, class atau struce yang sama, memilki nama yang sama tetapi memiliki ruang lingkup yang berbeda. Elemen dengan ruang lingkup tersempit akan memberikan bayangan pada elemen dengan ruang lingkup yang lebih luas.

Shadowning melalui inheritance
Jika elemen pada class yang di wariskan dari class induk di definisikan ulang, elemen hasil definisi class akan memberikan bayangan pada elemen di class induk.




























 

No comments:

Post a Comment