Sunday, April 13, 2014

Macam-Macam Tingkah Laku Siswa



Pembahasan mengenai macam-macam tingkah laku, akan dapat memperjelas bagaimana siswa mengembangkan perbuatannya. Ada dua macam tingkah laku antara lain sebagai berikut:
a.       Tingkah laku non refleksif atau intelektual. Maksudnya adalah tingkah laku yang dikendalikan atau diatur oleh pusat kesadaran atau otak,tingkah laku ini dapat dikendalikan karena dapat berubah dalam waktu ke waktu sebagai proses hasil belajar .Dalam kaitan ini stimulus setelah diterima oleh reseptor kemudian diteruskan ke otak sebagai pusat syaraf,pusat kesadaran,baru kemudian terjadi respons melalui afektor.Proses yang terjadi dalam otak atau pusat kesadaran ini yang disebut proses psikologis.
b.      Tingkah laku mekanistis atau refleksif. Maksudnya adalah tingkah laku yang terjadi atas reaksi secara spontan yang terjadi dengan sendirinya terhadap stimulus yang mengenai organisme tersebut .Misalnya reaksi kedip mata bila kena sinar ; gerak lutut bila kena sentuhan palu dan sebagainya.[1]
Menurut R. Soetarno tingkah laku yang akan digolongkan ialah tingkah laku yang menunjukkan ciri kepribadian.[2]
Dalam hubungannya dengan macam-macam tingkah laku, salah satu unsur yang penting yaitu seorang siswa dapat menyeimbangkan antara tingkah laku yang dihasilkan untuk dirinya dan tingkah laku yang dihasilkan untuk orang lain yang akhirnya dapat bermanfaat bagi lingkungannya, khususnya bagi dirinya sendiri.


[1] Bimo walgito,Pengantar Psikologi Umum (Yogyakarta:andi offset,1988)Hlm.11
[2] R. Soetarno, Psikologi Sosial (Yogyakarta: Kanisius, 1989) Hlm. 55

No comments:

Post a Comment