Thursday, April 17, 2014

Strategi Pembelajaran



(J.R. David, 1976) strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Ada dua hal yang patut kita cermati dari pengertian diatas. 1) strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran; 2) strategi disusun untuk mencapai tujuan tertentu Artinya arah dari semua keputusan penyusunan strategi adalah pencapaian tujuan;.
Kemp (1995) menjelaskan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Dick and Carey (1985) juga menyebutkan bahwa strategi pembalajaran itu adalah suatu set materi dan prosedur pembelajaran yang digunakan secara bersama-sama untuk menimbulkan hasil belajar pada siswa. Dari definisi tentang strategi pembelajaran di atas, maka dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran merupakan berbagai kegiatan yang direncanakan oleh guru dan dijadikan pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.
Syaiful Bahri dan Aswan Zain (2002: 5) mengemukakan bahwa ada beberapa strategi dasar dalam pembelajaran antara lain: (1) mengidentifikasi kondisi dan permasalahan yang dihadapi siswa dalam belajar, (2) merumuskan tujuan pembelajaran, (3) memilih pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran yang dianggap sesuai dengan perkembangan dan kompetensi siswa. Tiga strategi dasar tersebut dapat dijadikan sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan belajar mengajar agar berhasil sesuai dengan yang diharapkan.
Sebagai seorang professional, guru harus mempunyai pengetahuan dan persediaan strategi-strategi pembelajaran. Tidak semua strategi yang diketahui oleh guru harus bisa diterapkan dalam kenyataan sehari-hari diruang kelas. Meskipun demikian, seorang guru yang baik tidak akan terpaku pada strategi saja. Guru yang ingin maju dan berkembang perlu tahu berbagai macam strategi dan teknik-teknik pembelajaran yang pasti akan selalu bermanfaat dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari. Guru bisa memilih dan juga memodifikasi sendiri teknik-teknik pembelajaran agar lebih sesuai dengan situasi kelasnya untuk mencapai tujuannya.






No comments:

Post a Comment