Monday, April 14, 2014

Pengaruh Pengembangan Produk Terhadap Volume Penjualan



Perkembangan teknologi dan kemajuan perekonomian pada saat ini. Menuntut setiap perusahaan untuk selalu tanggap terhadap perkembangan tersebut, sehingga perusahaan mampu dihadapkan pada keadaan persaingan yang semakin ketat dalam rangka mempertahankan kelangsungan perusahaan, meningkatkan penjualan dan keuntungan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan pengembangan produk dan penjualan serta untuk mengetahui dan menjelaskan pelaksanaan pengembangan produk dapat meningkatkan penjualan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, sedangkan konsep dan variabel penelitiannya adalah pengembangan produk dengan peningkatan penjualan. Penelitian ini dilaksanakan di UKM pembuatan roti UD.Jauharoh yang berlokasi di Ds, Betoyo Manyar Gresik. Instrumen penelitian ini menggunakan daftar pertanyaan dan dokumentasi berupa alat tulis. Teknik analisis yang digunakan adalah koefisien korelasi untuk mengetahui hubungan antara pengembangan produk dengan penjualan, regresi linier sederhana digunakan untuk mengetahui hubungan sebab akibat antara pengembangan produk dengan penjualan, dan peramalan untuk meramalkan hasil penjualan pada tahun berikutnya.
Keberhasilan pengembangan produk hendaknya diikuti dengan peningkatan kualitas dan perlu diperhatikan untuk memperluas daerah pemasaran produk baru tersebut. Perusahaan diharapkan dapat memperhitungan langkah-langkah untuk menyiapkan strategi pengembangan produk untuk tahun-tahun berikutnya baik dalam kualitas produk dan strategi untuk menghadapi persaingan. Motivasi kerja serta ketrampilan kerja karyawan senantiasa ditingkatkan sehingga mampu mencapai produktifitas yang diharapkan.

No comments:

Post a Comment