Monday, April 21, 2014

“Pendataan Pembayaran PDAM Dan Listrik Berbasis WEB”




Kelurahan merupakan salah satu lembaga yang mempunyai peranan penting dalam pemerintahan dan penyelenggaraan administrasi penduduk. Di Mengare desa Kramat, yakni mencakupi empat Dusun, dusun kramat, dusun Ujungsawo, dusun Watugajah dan dusun Karangliman. Di empat Dusun tersebut merupakan lembaga pemerintahan yang masih menggunakan sistem manual dan sederhana dalam melakukan pengolahan data pembayaran penduduk dimana informasi yang dihasilkan masih berupa berkas yang jumlahnya sangat banyak. Pengelolaan data pembayaran listrik dan PDAM dimana setiap dusun banyak yang tidak bisa di ketahui penduduknya yang sudah membayar listrik dan PDAM secara keseluruhan dan benar.
Dengan adanya pendataan pembayaran listrik dan PDAM berbasis WEB disetiap kelurahan tersebut maka setiap kepala desa akan lebih mengetahui penduduk mana yang sering membayar listrik dan PDAM dengan tepat waktu dan yang tidak tepat waktu.
Pendataan pembayaran listrik dan PDAM berbasis WEB ini bisa membantu meringankan beban perangkat desa agar bisa memberi solusi kepada setiap penduduknya untuk bisa membayar dengan tepat waktu agar tidak membebani pengeluaran pembayaran listrik dan PDAM secara menumpuk dan tidak dicabut meterannya.
Dengan melihat masyarakat yang masih menggunakan pendataan secara manual, maka dengan ini kami media pendataan secara praktis yang bisa menjadi pilihan yang baik. Dan salah satu kelebihan dari teknologi informasi yang dapat dikemas dalam bentuk “Pendataan Pembayaran PDAM Dan Listrik Berbasis WEByang menggunakan bahasa pemograman PHP. PHP (Hypertext Preprocessor) adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memprogram situs web dinamis dan lain-lain.
Dengan melalui Pendataan Pembayaran PDAM Dan Listrik Berbasis Web ini, masyarakat bisa melihat data pembayaran secara lebih mudah dengan melalui online. Yang bekerja sama dengan pihak tempat pembayaran Listrik dan PDAM beserta kepala desa setempat.
1.2    Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian yang telah dijelaskan dalam latar belakang maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:
1.    Bagaimana menyediakan perangkat lunak yang dapat melakukan pengolahan data pembayaran  sesuai dengan output yang dibutuhkan oleh pihak perangkat desa.
2.    Bagaimana agar pendataan pembayaran listrik dan PDAM di mengare desa kramat dapat diolah dengan mudah dan cepat oleh sistem perangkat lunak dengan output sistem yang sesuai dengan yang dibutuhkan.
1.3    Tujuan
Sesuai dengan rumusan masalah, tujuan dari tugas akhir ini adalah :
1.    Untuk  menyediakan perangkat lunak yang dapat melakukan pengolahan data pembayaran  sesuai dengan output yang dibutuhkan oleh pihak perangkat desa.
2.    Untuk  pendataan pembayaran listrik dan PDAM di mengare desa kramat dapat diolah dengan mudah dan cepat oleh sistem perangkat lunak dengan output sistem yang sesuai dengan yang dibutuhkan.
1.4    Manfaat
Dengan dilakukannya Tugas Akhir 1 ini, diharapkan dapat diperoleh manfaat antara lain :
1.    Dapat memperluas pengetahuan di bidang sistem informasi.
2.    Dapat memberi wawasan bagi mahasiswa agar dapat mengetahui dan memahami aplikasi secara umum serta mampu menyerap serta bersosialisasi dengan dunia kerja.
3.    Dapat menciptakan pola pikir yang konstruksif yang lebih berwawasan bagi mahasiswa.
1.5    Batasan Masalah
Adapun batasan masalah dalam penyunsunan tugas akhir ini adalah sebagai berikut:
1.    Kinerja aparat pemerintah desa kramat masih belum seperti harapan masyarakat.
2.    Perancangan aplikasi pendataan ini menggunakan software Macromedia Dreamweaver MX 2004, MySQL, Adobe Photoshop CS2, dan PHP MyAdmin.
3.  Materi yang disampaikan mencakup pendataan listrik dan PDAM di mengare desa kramat.
1.6    Metodologi Penelitian
Metodologi Penelitian yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini adalahsebagai berikut :
1.    Studi literature
Tujuannya adalah untuk mempelajari dan memahami teori yang relevan dengan topik tugas akhir sehingga menunjang proses analisa, perancangan, dan implementasi sistem. Adapun kegiatan pada tahap ini diantaranya:
a.    Mencari bahan referensi yang berkaitan dengan topik tugas akhir. Referensi yang dicari berkaitan dengan materi Pendataan Pembayaran PDAM dan Listrik Berbasis WEB.
b.    Mempelajari buku-buku pemrograman PHP dan MySQL.
2.    Analisa dan evaluasi sistem
Pada tahap ini, berdasarkan data yang terkumpul dilakukan analisa dan evaluasi sistem dengan tujuan untuk mengetahui gambaran sistem beserta prosesnya, dalam rangka menemukan kebutuhan user dan untuk mencari kelebihan dan kekurangan sistem yang sudah ada guna memberikan saran atau solusi untuk perbaikan sistem dari masalah yang ditemukan.
3.    Perancangan sistem
Pada tahap ini, hasil analisa dan evaluasi sistem menginspirasi perancangan sistem dengan tujuan memberikan solusi teknis secara detail guna memenuhi kebutuhan user, dan menjadi dasar bagi tahap implementasi sistem
4.    Implementasi sistem
Merupakan tahap realisasi rancangan sistem menjadi source code, yang bertujuan untuk membangun sistem sesuai dengan spesifikasi yang terteradalam perancangan sistem.
5.    Testing aplikasi
Merupakan tahap uji coba terhadap fungsi-fungsi aplikasi yang sudah dibuat agar aplikasi bebas dari error.


No comments:

Post a Comment