Friday, April 18, 2014

Pengenalan tentang C dan C++




C++ adalah bahasa pemrograman komputer, C++ dikembangkan di Bell Labs (Bjarne Stroustrup) pada awal tahun 1970-an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu BCL, Pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix,pada perkembangannya, versi ANSI (American National Standart Institute) Bahasa pemrograman C menjadi versi dominan, Meskipun versi tersebut sekarang jarang dipakai dalam pengembangan sistem dan jaringan maupun untuk sistem embedded, Bjarne Stroustrup pada Bell labs pertama kali mengembangkan C++ pada awal 1980-an, Untuk mendukung fitur-fitur pada C++, dibangun efisiensi dan sistem support untuk pemrograman tingkat rendah (low level coding). Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading. Salah satu perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming).

Perbedaan Antara Bahasa pemrograman C dan C++ meskipun bahasa-bahasa tersebut menggunakan sintaks yang sama tetapi mereka memiliki perbedaan, C merupakan bahasa pemrograman prosedural, dimana penyelesaian suatu masalah dilakukan dengan membagi-bagi masalah tersebut kedalam su-submasalah yang lebih kecil, Selain itu, C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat Pemrograman berorientasi objek, Untuk menyelesaikan masalah, C++ melakukan langkah pertama dengan menjelaskan class-class yang merupakan anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari object-object fisik, Class tersebut berisi keadaan object, anggota-anggotanya dan kemampuan dari objectnya, Setelah beberapa Class dibuat kemudian masalah dipecahkan dengan Class.


Setiap program C++ mempunyai bentuk umum seperti di bawah ini, yaitu diantaranya :
1.    Include
Merupakan salah satu pengarah Prepocessor Directive yang tersedia pada C++.Prepocessor selalu dijalankan terlebih dahulu pada saat proses kompilasi terjadi.
    Bentuk umumnya:

  # include <nama file>

   
 Baris tesebut mengintruksikan kepada kompiler yang menyisipkan file lain               dalam hal ini file yang berakhiran .h (file header) yaitu file yang berisi sebagai     deklarasi. Contonya: #include <iostream.h>, #include<conio.h>, #include <stdio.h>

2.    Fungsi main ()
 Fungsi ini menjadi awal dan akhir eksekusi program C++. main adalah nama judul fungsi. Kesmpulannya bahwa batang tubuh program utama berada di dalam fungsi main ( ).

3.    Komentar
 Komentar tidak pernah dicompile oleh compiler. Dalam C++ ada 2 jenis komentar, yaitu:
 Jenis 1: /* Komentar anda di letakkan di dalam ini bisa mengapit lebih dari satu baris */
 Jenis 2: / Komentar anda di letakkan di sini (hanya bisa perbasis)

4.    Tanda Semilicon
 Tandasemilic on “ ” digunakan untuk mengakhiri sebuah pernyataan. Setiap pernyataan harus diakhiri dengan sebuah tanda semilicon
1.       #include <file-header> merupakan preprocessor pada C++ untuk pemanggilan file header  yang  memuat  beberapa  perintah-perintah  dari  C++  (contoh,  apabila  ingin menggunakan perintah cout maka harus menggunakan file header iostream.h)
2.       main() merupakan awal mula dari blok program utama
3.       tanda  {  dan  }  sebagai  punctuator  yang  awal  blok  program  hingga    akhir  blok program
4.       cout merupakan perintah keluaran pada C++
5.       getch();   apabila   ditempatkan   sebelum   funtuator   },   maka   berfungsi   sebagai penahan dari tampilan hasil

No comments:

Post a Comment