Hasil
belajar adalah pola-pola perbuatan, nilai-nilai, pengertian-pengertian,
sikap-sikap, apresiasi, dan keterampilan. Merujuk pemikiran Gagne, hasil
belajar berupa:
a. Informasi verbal yaitu kapabilitas
mengungkapkan pengetahuan dalam bentuk bahasa, baik lisan maupun tertulis.
Kemampuan merespon secara spesifik terhadap rangsangan spesifik. Kemampuan
tersebut tidak memerlukan manipulasi simbol, pemecahan masalah maupun penerapan
aturan;
b.
Keterampilan intelektual yaitu kemampuan mempresentasikan konsep dan
lambang keterampilan intelektual terdiri dari kemampuan mengategorisasi,
kemampuan analitis-sintetis, fakta konsep dan mengembangkan prinsip-prinsip
keilmuan. Keterampilan intelektual merupakan kemampuan melakukan aktivitas
kognitif bersifat khas;
c. Strategi
kognitif yaitu kecakapan menyalurkan dan mengarahkan aktivitas kognitifnya
sendiri. Kemampuan ini meliputi pengusaan konsep dan kaidah dalam pemecahan
masalah;
d. Keterampilan
motorik yaitu kemampuan melakukan serangkaian gerak jasmani dalam urusan dan
koordinasi, sehingga terwujud otomatisme gerak jasmani;
e. Sikap
adalah kemampuan menerima atau menolak objek berdasarkan penilaian terhadap
objek tersebut. Sikap berupa kemampuan menginternalisasi dan eksternalisasi
nilai nilai. Sikap merupakan kemampuan menjadikan nilai-nilai sebagai standar
perilaku;
Menurut Bloom, hasil
belajar mencakup kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik. Domain kognitif
adalah knowledge (pengetahuan, ingatan), comprehension
(pemahaman, menjelaskan, meringkas, contoh), application (menerapkan), analysis
(menguraikan, menentukan hubungan), synthesis (mengorganisasikan,
merencanakan, membentuk bangunan baru), dan evaluation (menilai). Domain
afektif adalah receiving (sikap menerima), responding (memberikan
respons), valuing (nilai), organization (organisasi), characterization
(karakterisasi. Domain psikomotor meliputi initiatory, pre-routine, dan
rountinized. Psikomotor juga mencakup keterampilan produktif, teknik, fisik,
sosial, manajerial, dan intelektual. Sementara, menurut Lindgren hasil
pembelajaran meliputi kecakapan, informasi, pengertian, dan sikap.
Hasil belajar adalah
perubahan perilaku secara keseluruhan bukan hanya salah satu aspek potensi
kemanusiaan saja. Artinya, hasil pembelajaran yang dikategorisasi oleh para
pakar pendidikan sebagaimana tersebut di atas tidak dilihat secara fragmentaris
atau terpisah, melainkan komprehensif. Hasil belajar pada hakikatnya merupakan hasil interaksi
antara berbagai factor tersebut. Factor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar
antara lain :
a. Faktor
yang berasal dari diri sendiri (internal);
Faktor internal meliputi: a) faktor
jasmaniah (fisiologi), seperti mengalami sakit, cacat tubuh atau perkembangan
yang tidak sempurna; b) faktor psikologis, seperti kecerdasan, bakat, sikap,
kebiasaan, minat kebutuhan, motivasi, emosi dan penyesuaian diri; serta c) factor
kematangan fisik maupun psikis;
b. Faktor
yang berasal dari luar diri (eksternal);
Faktor eksternal meliputi: a)
faktor sosial, seperti lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dan kelompok;
b) faktor budaya, seperti adat istiadat, ilmu pengetahuan, teknologi, dan
kesenian; c) factor lingkungan fisik, seperti fasilitas rumah dan fasilitas
belajar; serta d) faktor lingkungan spiritual atau keagamaan;
No comments:
Post a Comment