(J.R. David, 1976) strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai
perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai
tujuan pendidikan tertentu. Ada dua hal yang patut kita cermati dari pengertian
diatas. 1) strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian
kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan
dalam pembelajaran; 2) strategi disusun untuk mencapai tujuan tertentu Artinya
arah dari semua keputusan penyusunan strategi adalah pencapaian tujuan;.
Kemp (1995) menjelaskan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu
kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan
pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Dick and Carey (1985)
juga menyebutkan bahwa strategi pembalajaran itu adalah suatu set materi dan
prosedur pembelajaran yang digunakan secara bersama-sama untuk menimbulkan
hasil belajar pada siswa. Dari definisi tentang strategi pembelajaran di atas,
maka dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran merupakan berbagai kegiatan
yang direncanakan oleh guru dan dijadikan pedoman dalam pelaksanaan
pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.
Syaiful Bahri dan Aswan Zain (2002: 5) mengemukakan bahwa ada
beberapa strategi dasar dalam pembelajaran antara lain: (1) mengidentifikasi
kondisi dan permasalahan yang dihadapi siswa dalam belajar, (2) merumuskan
tujuan pembelajaran, (3) memilih pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran
yang dianggap sesuai dengan perkembangan dan kompetensi siswa. Tiga strategi
dasar tersebut dapat dijadikan sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan belajar
mengajar agar berhasil sesuai dengan yang diharapkan.
Sebagai seorang professional, guru harus mempunyai pengetahuan dan
persediaan strategi-strategi pembelajaran. Tidak semua strategi yang diketahui
oleh guru harus bisa diterapkan dalam kenyataan sehari-hari diruang kelas.
Meskipun demikian, seorang guru yang baik tidak akan terpaku pada strategi
saja. Guru yang ingin maju dan berkembang perlu tahu berbagai macam strategi
dan teknik-teknik pembelajaran yang pasti akan selalu bermanfaat dalam melaksanakan
kegiatan sehari-hari. Guru bisa memilih dan juga memodifikasi sendiri
teknik-teknik pembelajaran agar lebih sesuai dengan situasi kelasnya untuk
mencapai tujuannya.
No comments:
Post a Comment