1.1.
MODUL I
Pengertian
VB.Net
adalah sebuah alat
untuk mengembangkan dan membangun aplikasi yang bergerak di atas sistem .NET
Framework, dengan menggunakan bahasa BASIC.
Dengan menggunakan alat ini, para programmer
dapat membangun aplikasi Windows
Forms, Aplikasi web
berbasis ASP.NET,
dan juga aplikasi command-line.
Alat ini dapat diperoleh secara terpisah dari beberapa produk lainnya (seperti Microsoft Visual
C++,
Visual C#,
atau Visual J#),
atau juga dapat diperoleh secara terpadu dalam Microsoft
Visual Studio .NET. Bahasa Visual Basic .NET sendiri
menganut paradigma bahasa pemrograman berorientasi objek yang dapat dilihat
sebagai evolusi dari Microsoft Visual Basic
versi sebelumnya yang diimplementasikan di atas .NET
Framework. Peluncurannya mengundang kontroversi, mengingat
banyak sekali perubahan yang dilakukan oleh Microsoft, dan versi baru ini tidak
kompatibel dengan versi terdahulu.
Macam Macam Type project Dalam Vb
VARIABEL
• Variabel
digunakan untuk menyimpan nilai sementara dalam memori selama perhitungan,
inisialisasi nilai dan sebagainya.
• Kita
dapat memberikan nama pada lokasi memori dengan mendeklarasikan variabel dan menentukan
tipe data.
Aturan dalam peberian nama pada saat mendeklarasikan
variabel sebaiknya memperhatikan hal-hal seperti berikut:
• Mendeklarasikan
variabel adalah membuat variabel dengan tipe datanya, jangkauan nilainya, masa hidup
variabe ldan nilai ini sialisasi.
• Dalam
mendeklarasikan variabel di VB.Net menggunakan kata kunci Dim (Dim merupakan singkatan
dari Dimension).
• Contoh
mendeklarasikanvariabe ladalah:
– Dim
Nama As String
– Dim Gaji As Integer = 5000000
– Dim
Tunjangan As Integer
• Dalam
mendeklarasikan variabel dengan tipe data yang samadapat dibuat dalam satu baris.
• Contoh
:
– Dim
I,J As Integer
1.2 MODUL II
CLASS DAN OBJEK
PENGERTIAN OBJECT
Setiap objek memiliki dua karakteristik yaitu Attribute (State) dan Behavior. Attribute (State) merupakan identitas atau informasi objek itu sendiri atau disebut juga sebagai variable, sedangkan Behavior adalah tingkah laku atau apa yang dapat dilakukan oleh objek itu atau disebut juga sebagai method.Sebagai contoh Attribute (State) dari pesawat adalah nama pesawat, tipe, warna, tahun produksi, roda, dll. Sedangkan Behavior dari pesawat adalah cara menghidupkan mesin, cara menerbangkan pesawat (take off), cara menurunkan pesawat (landing), dll.
Setiap objek memiliki dua karakteristik yaitu Attribute (State) dan Behavior. Attribute (State) merupakan identitas atau informasi objek itu sendiri atau disebut juga sebagai variable, sedangkan Behavior adalah tingkah laku atau apa yang dapat dilakukan oleh objek itu atau disebut juga sebagai method.Sebagai contoh Attribute (State) dari pesawat adalah nama pesawat, tipe, warna, tahun produksi, roda, dll. Sedangkan Behavior dari pesawat adalah cara menghidupkan mesin, cara menerbangkan pesawat (take off), cara menurunkan pesawat (landing), dll.
PENGERTIAN
CLASS
Kelas merupakan cetakan
atau blueprint atau prototype, hasil dari cetakan itu disebut objek. Contoh
pesawat Boeing 737 dibuat dengan rancangan yang sama, rancangan pesawat ini
disebut kelas. Hasil rancangan itu menjadi pesawat Boeing 737 yang disebut
objek. Pesawat-pesawat hasil rancangan tadi bisa memiliki warna, nama yang
berbeda-beda tergantung perusahaan penerbangannya. Disini jelas bahwa objek
memiliki sifat independen. Objek adalah instance dari kelas, satu kelas bisa
memiliki beberapa objek.
Tipe Akses
Tipe akses di gunakan untuk menentukan bagaimana sebuah class, variabel,
Maupun method yang dapat di akses.
Macam – Macam Tipenya :
- Public
Merupakan tipe akses yang bisa di akses tanpa ada batasan
apapun.
- Protected
Hanya bisa di akses dari tipe yang bisa di akses dari
tipe yang bersangkutan.
- Private
Tipe akses
paling secure dan tidak dapat di akses di luar tipe tersebut.
FIELD,PROPERTY,METHOD
DAN EVENT
1.
Field
dan Property bisa di sebut juga atribut yang tidak melakukan operasi apapun
akan tetapi kepadanya dapat di lakukan operasi sehingga dapat merubah nilai
dari attribut tersebut.
2.
Method
bisa disebut sebagai behavior merupakan bagian yang di miliki class yang dapat
melakukan operasi, bertindak, atau mengerjakan sesuatu.
1.3.
MODUL III
Constructor
Merupakan prosedur yang mengontrol nilai pemberian objek
baru dan akan di pangil terlebih dahulu sebelum kode kode lainya di panggil.
Inisialisasi construktor adalah dengan menambahkan prosedur public dengan nama
Sub New().
DESTRUCTOR
Dalam satu class yang di gunakan untuk membersihkan lokasi membersihkan
lokasi
Memory sebelum
objek di musnahkan.
INHERITANCE(Turunan)
Salah satu tujuan OOP adalah pengunaan
kembali class yang sudah ada dengan menurunkan suatu class baru dari class yang
sudah ada. Class yang baru tersebut dapat di modifikasi sesuai dengan
kebutuhan.
Class yang lama atau sudah ada disebut
sebagai Base Class (class induk) Sedangkan class yang baru disebut sebagai deriverd
Class/Subclass.
1.4.
MODUL IV
Keyword pada Inheritence
Inherits
Kata kunci yang ditempatkan pada subClass dengan tujuan
untuk membuat turunan atau pewarisan dari Class utama.
MyBase
Di gunakan pada SubClass untuk memangil data
member,property,constuktor,method di Class induk yang bersifat private.
Notinheritable
Kata kunci yang di tempatkan pada class induk tersebut
tidak dapat di wariskan.
Mustinherits
Kata kunci yang di
tempatkan pada class induk tersebut harus di wariskan.
Multi level
Inheritance
Merupakan bentuk pewarisan yang bertingkat dari base class ke SubClass1 dan
dari SubClass1 di wariskan lagi ke SubClass2.
1.5.
MODUL V
Polimorhphism
Polimorphism
Suatu kondisi di
mana dua objek atau lebih mempunyai antarmuka yang identik namun mempuyai
perilaku berbeda. Dengan kata lain polymorphism adalah pemaikain suatu method
dengan nama yang sama pada class yang berbeda dan mempuyai fungsi yang berbeda.
Polimorphism di implementasikan dengan dua method yaitu overloading dan
overiding.
Overloading
Suatu konsep yang terdapat sejumlah
method yang namanya sama tetapi
memilki fungsi yang berbeda dalam satu class yang sama.
1.6.
MODUL VI
Polimorphism
(Lanjutan)
Overriding
Suatu konsep
yang terdapat sejumlah method yang mempunyai nama
yang sama tetapi memilki fungsi yang berbeda dalam satu susunan hiraki
inheritance.
Overridable
Digunakan pada method atau
properties pada class induk yang menandahkan bahwa metod atau properti
tersebut dapat di override pada class turunan.
Overrides
Keyword Overrides di gunakan pada class turunan yang menandakan bahwa metod
atau property yang ada di class induk.
NotOverridable
Di gunakan pada method atau property pada class induk yang menandahkan
bahwa method atau property tersebut tidak dapat di override
oleh class turunan.
1.7.
MODUL VII
Shadowing
Kemampuan untuk menyembunyikan atau
menjadi bayangan dari salah satu
elemen pemrograman yang memiliki
nama sama. Ada dua macam shadowning yaitu :
Shadowning
melalui ruang lingkup
Terdapat kemungkinan dua elemen yang terdapat dalam Modul, class atau
struce yang sama, memilki nama yang sama tetapi memiliki ruang lingkup yang
berbeda. Elemen dengan ruang lingkup tersempit akan memberikan bayangan pada
elemen dengan ruang lingkup yang lebih luas.
Shadowning
melalui inheritance
Jika elemen pada class yang di wariskan dari class induk di definisikan
ulang, elemen hasil definisi class akan memberikan bayangan pada elemen di
class induk.
No comments:
Post a Comment