Pembahasan mengenai macam-macam tingkah laku, akan dapat
memperjelas bagaimana siswa mengembangkan perbuatannya. Ada dua macam tingkah
laku antara lain sebagai berikut:
a.
Tingkah laku non refleksif atau intelektual. Maksudnya
adalah tingkah laku yang dikendalikan atau diatur oleh pusat kesadaran atau
otak,tingkah laku ini dapat dikendalikan karena dapat berubah dalam waktu ke
waktu sebagai proses hasil belajar .Dalam kaitan ini stimulus setelah diterima
oleh reseptor kemudian diteruskan ke otak sebagai pusat syaraf,pusat
kesadaran,baru kemudian terjadi respons melalui afektor.Proses yang terjadi
dalam otak atau pusat kesadaran ini yang disebut proses psikologis.
b.
Tingkah laku mekanistis atau refleksif. Maksudnya
adalah tingkah laku yang terjadi atas reaksi secara spontan yang terjadi dengan
sendirinya terhadap stimulus yang mengenai organisme tersebut .Misalnya reaksi
kedip mata bila kena sinar ; gerak lutut bila kena sentuhan palu dan
sebagainya.[1]
Menurut R. Soetarno tingkah laku yang akan digolongkan
ialah tingkah laku yang menunjukkan ciri kepribadian.[2]
Dalam hubungannya dengan macam-macam tingkah laku,
salah satu unsur yang penting yaitu seorang siswa dapat menyeimbangkan antara
tingkah laku yang dihasilkan untuk dirinya dan tingkah laku yang dihasilkan
untuk orang lain yang akhirnya dapat bermanfaat bagi lingkungannya, khususnya
bagi dirinya sendiri.
No comments:
Post a Comment