Perkembangan teknologi dan
kemajuan perekonomian pada saat ini. Menuntut setiap perusahaan untuk selalu
tanggap terhadap perkembangan tersebut, sehingga perusahaan mampu dihadapkan
pada keadaan persaingan yang semakin ketat dalam rangka mempertahankan
kelangsungan perusahaan, meningkatkan penjualan dan keuntungan perusahaan.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan pengembangan produk dan
penjualan serta untuk mengetahui dan menjelaskan pelaksanaan pengembangan
produk dapat meningkatkan penjualan.
Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian deskriptif, sedangkan konsep dan variabel
penelitiannya adalah pengembangan produk dengan peningkatan penjualan.
Penelitian ini dilaksanakan di UKM pembuatan roti UD.Jauharoh yang berlokasi di
Ds, Betoyo Manyar Gresik. Instrumen penelitian ini menggunakan daftar
pertanyaan dan dokumentasi berupa alat tulis. Teknik analisis yang digunakan
adalah koefisien korelasi untuk mengetahui hubungan antara pengembangan produk
dengan penjualan, regresi linier sederhana digunakan untuk mengetahui hubungan
sebab akibat antara pengembangan produk dengan penjualan, dan peramalan untuk meramalkan
hasil penjualan pada tahun berikutnya.
Keberhasilan pengembangan
produk hendaknya diikuti dengan peningkatan kualitas dan perlu diperhatikan
untuk memperluas daerah pemasaran produk baru tersebut. Perusahaan diharapkan
dapat memperhitungan langkah-langkah untuk menyiapkan strategi pengembangan
produk untuk tahun-tahun berikutnya baik dalam kualitas produk dan strategi
untuk menghadapi persaingan. Motivasi kerja serta ketrampilan kerja karyawan
senantiasa ditingkatkan sehingga mampu mencapai produktifitas yang diharapkan.
No comments:
Post a Comment